Hot Nyus MAK News

NASA Pastikan Akan Terjadi Gerhana Matahari Total di Indonesia Pada 4 dan 5 Juli 2019!

Gerhana matahari total yang terjadi pada 2 Juli 2019 bisa disaksikan disejumlah negara di Pasifik dan Amerika Selatan, seperti negara Chile dan Argentina. Sementara negara tetangga dari wilayah ini bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian, seperti di Bolivia, Peru, dan Ekuador. Gerhana matahari ini  berlangsung selama empat menit, tergantung dari lokasi pengamatan. Gerhana ini tidak terjadi di bagian Asia termasuk Indonesia.

Namun para peneliti antariksa NASA memastikan Gerhana Matahari Total akan terjadi di Asia termasuk Indonesia selama 2 hari berturut-turut yakni pada 4 dan 5 Juli 2019. Matahari akan tertutup sepenuhnya oleh Bulan dan durasinya diprediksi akan lama.

Sebuah peristiwa gerhana Matahari total selalu memiliki apa yang disebut sebagai jalur totalitas, jalur di mana wilayah-wilayah yang dilintasinya berkesempatan melihat gerhana total, sementara wilayah lainnya yang tidak dilalui hanya akan melihat gerhana parsial.
Sebagian besar jalur totalitas gerhana total ini akan melintasi sebagian wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara.

Di Indonesia, gerhana matahari total akan mencapai puncaknya pada pukul 19:44 WIB, gerhana Matahari total ini akan berlangsung selama kurang dari 3 menit. Durasi yang bisa dibilang cukup lama bagi sebuah peristiwa gerhana Matahari total. Ini juga gerhana Matahari total pertama yang terjadi setelah Gerhana tak pernah tampil lagi di layar televisi Indonesia karena dianggap sinetron jadul dan kalah pamor dengan sinetron-sinetron kekinian yang pada kenyataannya unfaedah. Wilayah Indonesia bagian timur akan menyaksikan gerhana matahari total terlebih dahulu, kemudian di susul wilayah Indonesia bagian tengah, dan wilayah Indonesia bagian barat yang masing-masing terpaut 1 jam.(red/mn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *